Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topiknya masih seputar speedometer dan kali ini yang dibahas adalah Wiring Diagram Speedometer Vixion R dan R15 v3.0 soket pin-out. Seperti biasa sodara, cekidot dulu beberapa penampakan berikut ini :

Setelah banyak membahas Speedometer Satria FU Injeksi, saatnya beralih ke speedometer keluaran terbaru dari pabrikan Yamaha yaitu Speedometer Vixion R dan R15 v3.0. Sudah mengusung speedometer full digital dengan fitur yang sangat lengkap. Bahkan fiturnya lebih lengkap dari speedometer Satria FU Injeksi.

Pertanyaan klasiknya adalah apakah speedometer Vixion R dan R15 v3.0 ini bisa diaplikasikan di motor lain, mengingat semenjak motor New Vixion Advance (NVA) belum ada yang bisa memecahkan kode ER_1. Saya sudah membahas lebih detil tentang kode ER_1 di speedometer Yamaha dengan klik di sini.

Bagaimana dengan Speedometer Vixion R dan R15 v3.0 ini?

Sama saja dan bahkan lebih rumit lagi ketika speedometer ciamik ini diaplikasikan di motor lain kesayangan sodara. Bisa dikatakan lebih rumit karena speedometer membutuhkan ECU agar semua fitur bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Pertama, sodara sudah dihadang oleh munculnya kode ER_1 dan yang kedua, lihat Wiring Diagram Speedometer Vixion R dan R15 v3.0 secara detil dan seksama, kemana jalur masuknya kabel RPM dan sensor speedo? Jawabannya adalah kedua jalur tersebut lebih dulu masuk ke ECU untuk diolah menjadi data digital kemudian dibaca oleh speedometer.

Biar tidak penasaran, ada baiknya lihat video singkat berikut ini sampai habis :

 

Bang Roni di Ron’s Project melakukan eksperimen dengan speedometer Vixion R dan R15 v3.0 ini. Segala daya dan upaya terus diusahakan. Kabar baiknya adalah kode ER_1 bisa dipecahkan sodara tanpa penggunaan ECU. Namun cara ini belum diujicobakan ke speedo pabrikan Yamaha yang lain seperti NVA, MX-King, dll apakah juga akan berhasil. Maklum tunggu ada yang bengkel dan bersedia speedonya diujicoba.

Untuk data RPM dan kecepatan sudah pasti membutuhkan ECU. Maka untuk bereksperimen, bang Roni menggunakan ECU milik Yamaha NMAX dan hasilnya mantab sodara. Fitur RPM dan kecepatan berfungsi dengan baik. Dengan berfungsinya RPM dan kecepatan berarti semua fitur yang ada di Speedometer Vixion R dan R15 v3.0 berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk sekarang ini, eksperimen Speedometer Vixion R dan R15 v3.0 ini terus dilakukan untuk menekan biaya apabila diaplikasikan di motor lain. Untuk beli ECU-nya saja sekitar 600ribu sodara, belum sensor speedo dan jasa pemasangannya. Selain itu, masih dicari keakuratan sensor speedo dan indikator bar bahan bakar. Biar bayar mahal, yang penting semua fitur bisa berfungsi akurat hehehe…

Bagi sodara yang membutuhkan Wiring Diagram Speedometer Satria FU Injeksi silahkan klik di sini dan bagi sodara yang membutuhkan Wiring Diagram Speedometer Yamaha R15 v2.0 silahkan klik di sini. Termasuk bagi sodara yang membutuhkan Wiring Diagram Speedometer Yamaha NVL silahkan klik link di tautan tersebut.

Sudah pasti kalo berhasil nanti ada update artikelnya. Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya silahkan ke Ron’s Project untuk menemui bang Roni RMS agar motor kesayangan sodara tambah mantab dan tidak malu ketika motor dipamerin. Ingat ya sodara, tidak ada konsultasi yang gratis…

Sekian dulu sodara untuk update kali ini tentang Wiring Diagram Speedometer Vixion R dan R15 v3.0 pinout soket. Jangan kemana-mana, tetap di Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tetap semangat serta tidak ada salah paham agar modifikasi jalan terus. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

by Anton Gunawan

Seorang sederhana ini sangat terinspirasi dengan desain Web/Blog yang clean, minimalis, tampak mewah, namun sangat elegan.