Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali pada motor kesayangan saya yaitu Modifikasi Vario 110 Karburator Jadi Injeksi. Sebelum panjang lebar, ada baiknya simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

 

Sudah lama sejak artikel terakhir Modifikasi Honda Vario 110 Karbu ini tidak tersentuh modifikasi. Kali ini yang dikupas adalah informasi tentang speedometer Satria FU Injeksi yang menggantikan speedometer NVL dan penggantian ACG Starter milik Honda Vario 150 ISS sekaligus mengubah dari karburator menjadi injeksi agar teknologi ISS bisa terpasang dan digunakan.

Langsung saja yang pertama adalah pergantian speedometer dari NVL ke Satria FU Injeksi. Saya mengganti speedometer milik Satria FU Injeksi ini bukan ikut-ikutan tren yang sedang berkembang. Tapi lebih kepada fitur yang ditawarkan oleh speedometer Satria FU Injeksi yang sudah mengusung full-digital dan kelengkapan fitur yang dimiliki.

Mengganti speedometer tidak semudah membalikkan telapak tangan sodara. Banyak hal yang harus disesuaikan. Pertama sensor speed, yang awalnya mengikuti putaran roda belakang kini diubah mengikuti putaran roda depan. Gambarnya bisa dilihat di artikel Sensor Speed Pada Speedometer Digital. Kedua adalah penyesuaian resistor yang digunakan untuk speedometer Satria FU Injeksi karena berbeda total dengan yang digunakan untuk speedometer NVL.

Setelah mengganti speedometer menjadi milik Satria FU Injeksi, modifikasi Vario 110 ini adalah mengganti ACG Starter dari Honda Vario 125 menjadi milik Honda Vario 150 tipe Idling Stop System (ISS) sekaligus mengubah sistem karburator menjadi injeksi agar fitur ISS bisa terpasang dan digunakan pada Honda Vario 110 ini yang biasa saya sebut King Vario.

Sebenarnya mengganti ACG Starter, ECM, dan sistem injeksi milik Honda Vario 150 tidak direncanakan sebelumnya. Setelah mengganti speedometer, saya sudah tidak berniat melakukan modifikasi Vario 110 ini. Jadi ceritanya, ketika saya dan om Roni RMS kopdar ceria di warung Jaffle Shake kota Surabaya tiba-tiba om Roni RMS omong “bro, aku kate eksperimen fitur ISS nang peda liyo.. pedamu piye tapi kudu injeksi?” (baca: “bro, saya mau eksperimen fitur ISS di motor lain.. motormu ya bagaimana tapi harus diubah ke injeksi?”). Singkat cerita, akhirnya saya iya kan eksperimen om Roni RMS.

Lihat juga: Modifikasi Honda Vario Karbu Pakai ACG Starter

Biar tidak bikin kantong bolong, om Roni RMS terlebih dahulu menjual semua part Vario 125 yang terpasang di King Vario ini. Setelah terjual, baru membeli perlengkapan satu set ECM beserta kabel bodi dan sistem injeksi. Semuanya dibeli di pasar loak terkenal di kota Surabaya, pasar Demak sodara…dengan harga total 3 juta. Saya membeli bekas ya sodara dan coba sodara hitung berapa biaya yang dikeluarkan apabila sodara membeli spare part baru semuanya. Harga di atas sudah satu set semua termasuk pompa injeksi dan sensor-sensornya.

Hingga artikel ini diturunkan, modifikasi Vario 110 karburator jadi injeksi ini sudah selesai dilakukan. Hanya saja om Roni RMS masih terus menguji fitur ISS agar bisa berjalan sempurna di motor lain. Jadi pengujian ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana fitur ISS ini bekerja dengan baik layaknya di motor aslinya. Apabila ini berhasil bukan tidak mungkin bisa diaplikasikan di motor sporty seperti Honda GL atau yang lain yang sudah menggunakan injeksi dan ACG Starter Vario.

Biar tidak penasaran seperti apa eksperimen fitur ISS dalam modifikasi Vario 110 karburator jadi injeksi ini, simak video singkat berikut ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Bagaimana sodara sekalian? Sebelum video ini dibuat, motor sudah dibuat jalan sehingga memenuhi kriteria agar fitur ISS bisa bekerja. Indikator ISS dibuat tambahan sendiri di samping speedometer. Apabila sudah benar-benar selesai akan saya update lagi ya sodara, jadi jangan kemana-mana tetap di Blog Garasi Modifikasi.

Semua pengerjaan modifikasi Vario 110 ini dikerjakan oleh mekanik andalan om Roni RMS di Ron’s Project kota Surabaya. Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya bisa langsung ke bengkel untuk melakukan servis rutin sampai dengan modifikasi untuk motor kesayangan sodara. Kalo ke bengkel, sodara bisa konsultasi gratis tapi kalo konsultasi gratis via media pasti kena block atau delcon.

Modifikasi Vario 110 di atas tidak ada tutorialnya. Bagi yang ingin tutorial, silahkan ke tetangga sebelah yang biasa membuat tutorial. Sekian dulu ya sodara. Simak terus update terbaru tentang modifikasi motor di Blog Garasi Modifikasi. Tetap minum kopi ya sodara karena modifikasi motor dimulai dari secangkir kopi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

by Anton Gunawan

Seorang sederhana ini sangat terinspirasi dengan desain Web/Blog yang clean, minimalis, tampak mewah, namun sangat elegan.