Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topiknya kali masih seputar speedometer dan yang dibahas adalah Modifikasi Honda Vario Pakai Speedo Beat Street. Seperti biasa sebelum lebih jauh mari simak beberapa penampakan berikut ini :

 

Sebenarnya saya pernah menulis artikel seperti ini di Child Blog Garasi Modifikasi. Silahkan di-klik link berikut bagi sodara yang ingin mengetahui apa saja penyesuaian yang harus dilakukan pada modifikasi Honda Vario pakai Speedo Beat Street. Setelah itu sodara perlu lihat video singkat Modifikasi Honda Vario Pakai Speedo Beat Street dimana speedo-nya berjalan akurat 100% :

 

Bagaimana sodara, sudah dilihat videonya? Video Honda Vario pakai Speedo Beat Street ini dibuat ketika motor berjalan yang dibuat oleh masbro Ryan dan masbro Bogang di jalanan Siwalankerto Surabaya. Lihat kecepatannya pada speedo Beat Street sudah berjalan akurat 100%. Mungkin sodara yang memiliki Honda Vario pakai Speedo Beat Street sudah tahu bedanya. Kalo tanpa penyesuaian, kecepatan pada speedo Beat Street yang dipasang di Honda Vario akan jalan lebih cepat berkali lipat. Sensor speedo yang digunakan tidak lagi milik aslinya motor. Bang Roni membuat sentuhan sendiri pada putaran roda depan dengan sensor speedonya.

Mengapa sensor speedo dipasang pada putaran roda depan?

Sederhana sodara. Ketika sudah bosan menggunakan speedo Beat Street dan ingin berganti speedo digital lainnya, tinggal ganti jumlah sentuhannya. Begitu pula ketika ingin dikembalikan ke originalnya, yang di depan tinggal dilepas semua dan pasang jalur sensor speedo aslinya motor, mantabbb…

Sensor speedo dipasang pada putaran roda depan ini akan menjadi alternatif baru dan solusi praktis untuk bongkar pasang speedo milik motor lain. Penggunaan sensor speedo pada putaran roda depan ini menyusul suksesnya eksperimen bang Roni terhadap King Vario yang akan dipasang speedo Satria FU Injeksi atau untuk lebih detilnya silahkan klik di sini.

Honda Vario 125 ini menggunakan stang terbuka layaknya motor Honda Beat Street. Menggunakan stang terbuka maka secara otomatis sodara harus menyesuaikan holder agar tampil lebih menarik. Sang pemilik menggunakan holder milik Old Vixion sehingga tidak lagi menganut AHO. Kalo dompet sodara lagi tebel, bisa menggunakan holder milik Bajaj Pulsar biar menyala ketika malam tiba.

Indikator bahan bakar sudah dilakukan penyesuaian sehingga tetap akurat seperti motor aslinya. Apabila tidak dilakukan penyesuaian yang terjadi adalah ketika tangki bahan bakar penuh, bar bahan bakar tidak penuh tetapi ketika bahan bakar di tangki tersisa sekitar 1 liter maka bar bahan bakar sudah berkedip. Jadi ketika bar berkedip masih ada 1 liter untuk cari tempat pengisian bahan bakar, lebih dari cukup sodara… Intinya masih ok lah kalo sodara tidak bisa melakukan penyesuaian untuk indikator bahan bakar Honda Vario pakai speedo Beat Street.

Apakah bisa dipasang di motor lain?

Bisa. Semua motor, baik lama maupun baru, yang karbu maupun injeksi. Tinggal lihat apakah yang pasang bisa atau tidak. Kalo tidak bisa silahkan ke bengkel karena di sini tidak ada tutorialnya. Bagi sodara yang ingin cari tutorialnya, silahkan ke blog tetangga hehehe…

Bagi sodara yang membutuhkan Wiring Diagram Speedometer Beat Street Soket Pin-Out bisa klik di sini. Modifikasi Honda Vario pakai Speedo Beat Street ini dikerjakan langsung oleh bang Roni di garasinya. Jadi bagi sodara yang domisili di Surabaya dan sekitarnya serta serius melakukan modifikasi silahkan ke Ron’s Project untuk bertemu langsung dengan bang Roni.

Sekian dulu untuk update kali ini tentang Modifikasi Honda Vario Pakai Speedo Beat Street Akurat 100%. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tidak ada salah paham, pikiran tenang, hidup senang. Tetap terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

by Anton Gunawan

Seorang sederhana ini sangat terinspirasi dengan desain Web/Blog yang clean, minimalis, tampak mewah, namun sangat elegan.