Garasi Modifikasi – Halo sodara. Ini merupakan artikel pertama di tahun 2018. Setelah beberapa kali melakukan eksperimen, ini lah hasilnya yaitu Modifikasi Honda GL100 Pakai Speedometer All New Vixion R 155. Seperti biasa sodara, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

Biar tidak penasaran, simak juga video singkat Modifikasi Honda GL100 Pakai Speedometer All New Vixion R 155 berikut ini :

 

Seperti yang diketahui, Honda GL100 ini adalah milik saya pribadi. Motor Honda GL100 ini pula yang nampang di OTOPLUS Edisi 33 XIV (6-12 Februari 2017) Kolom OPREK Halaman 22-23.  Seperti yang sudah diketahui di beberapa artikel sebelum ini, akhirnya kelar juga proyek yang cukup besar yaitu modifikasi Honda GL100 pakai speedometer All New Vixion R 155.

Lihat juga : Wiring Diagram Speedometer All New Vixion R 155 atau R15 v3.0

Pertama kali, speedometer di Honda GL100 ini menggunakan original motornya yang berhasil diperbaiki oleh om Roni RMS. Seiring berjalannya waktu, saya ikut memasang speedometer Satria FU Injeksi di Honda GL100 ini. Namun tidak ada publikasi yang besar, mengingat sudah banyak (terlalu mainstream) menggunakan speedometer Satria FU Injeksi di motor lain.

Akhirnya saya dan om Roni RMS bersepakat untuk melakukan modifikasi Honda GL100 pakai speedometer All New Vixion R 155. Setelah melalui beberapa eksperimen dan akhirnya sudah dipasang di Honda GL100 dengan segala penyesuaian yang rumit agar semua fitur di speedometer bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Saya dan om Roni RMS berpandangan sama, speedometer harus berfungsi seperti yang diinginkan dan cukup akurat ketika digunakan.

Seperti yang sodara lihat di video di atas, speedometer All New Vixion R 155 berfungsi sebagaimana yang diinginkan. Kecepatan, RPM, Bar Bahan Bakar, berbagai indikator, sampai Odometer semua berfungsi dan berjalan akurat. Banyak sekali penyesuaian yang dilakukan. Bisa dikatakan ini sangat rumit, membutuhkan biaya cukup besar, dan tidak bisa di PNP sodara hahaha…

Indikator Injeksi akan terus berkedip ketika mesin Honda GL100 ini dinyalakan. Hal tersebut dikarenakan masih ada error yang dibaca oleh ECU namun ECU sudah dimanipulasi agar tidak menampilkan kode error di Odometer. Jadi Odometer tetap berfungsi tetapi indikator injeksi terus berkedip. Anggap saja kedipan lampu tersebut variasi/aksesoris seperti halnya di King Vario ketika menggunakan speedometer NVL hehehe…

Pertama adalah rumit. Sensor speedo, RPM, Indikator Injeksi, dan Indikator Temperatur masuk ke ECU dulu, diolah, baru keluar masuk ke speedometer. Jadi membutuhkan penyesuaian di jalur ECU agar bisa berfungsi termasuk penyesuaian sensor-sensor lain agar tidak keluar kode error di speedometer.

Kedua adalah mahal. Sodara membutuhkan satu unit ECU minimal milik New Vixion Advance (NVA) dan satu set kabel bodi yang juga minimal punya NVA. Sodara juga mengeluarkan biaya untuk jasa pemasangan yang cukup besar.

Lihat juga : Wiring Diagram Speedometer New Vixion Advance (NVA)

Ketiga adalah tidak bisa di PNP sodara. Sangat banyak penyesuaian yang dilakukan agar speedometer All New Vixion R 155 ini berfungsi di Honda GL100 atau di motor lain. Yang menjadi catatan adalah penyesuaian diperlukan juga di jalur kelistrikan ECU. Jadi kalo salah jalur bisa panjang buntutnya sodara…

Apabila sodara berdomisili di Surabaya dan sekitarnya silahkan datang ke Ron’s Project untuk bertemu langsung dengan om Roni RMS agar motor kesayangan sodara menjadi semakin mantab dan tidak bikin malu ketika dipamerin. Bagi yang ingin konsultasi gratis silahkan langsung datang ke bengkel, kalo lewat media pasti kena block atau delcon ya sodara…

Hasil modifikasi Honda GL100 pakai speedometer All New Vixion R 155 bisa saya banggakan karena jarang atau bahkan tidak ada yang menggunakan speedometer All New Vixion R 155 di motor lain. Jadi kesimpulannya adalah jangan ditiru sodara, biar motor saya saja yang pakai speedometer All New Vixion R 155 hehehe…

Cukup dulu untuk topik kali ini tentang Modifikasi Honda GL100 Pakai Speedometer All New Vixion R 155 karena sudah kepanjangan. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tidak ada salah paham, terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

by Anton Gunawan

Seorang sederhana ini sangat terinspirasi dengan desain Web/Blog yang clean, minimalis, tampak mewah, namun sangat elegan.