Garasi Modifikasi – Halo sodara. Masih seputar speedometer sodara, kali ini topiknya adalah Cara Menghilangkan Kode CHEC di Speedometer Satria FU FI. Seperti biasa sodara, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

Akhir pekan kemarin saya nongkrong ceria bersama bang Roni dan beberapa sobat Garasi Modifikasi di Jaffle Shake milik masbro Kelpho di daerah Pagesangan kota Surabaya. Tiba-tiba bang Roni omong, sudah saatnya dibagikan bagaimana cara menghilangkan kode CHEC di speedometer Satria FU FI ketika diaplikasikan di motor lain.

Untuk menghilangkan kode CHEC di speedometer Satria FU FI ini membutuhkan modul atau alat tambahan sehingga fungsi odometer bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sudah banyak yang menjual modul atau alat ini dengan kisaran harga 150 ribu dengan kualitas yang ala-ala yang penting dapat uang.

Dengan kualitas yang ala-ala seperti itu, banyak sekali yang bertanya ke redaksi maupun langsung ke bang Roni apakah bisa modul tersebut diperbaiki karena baru pakai beberapa minggu sudah rusak. Jadi untuk menjawab pertanyaan tersebut akhirnya saya dan bang Roni bersepakat untuk membagikan caranya di sini.

Memang harga 150 ribu sangat-sangat mahal apalagi dompet sodara lagi sobek alias kantong kering. Sebenarnya modul tersebut itu banyak dijual di Tokopedia maupun Bukalapak dengan kisaran harga 20 ribu saja. Jadi alat atau modulnya seperti pada gambar di atas bernama NE555 Adjustable Frequency Generator Pulse Module. Kalo kepanjangan cari aja dengan kata kunci 555 generator pulse, cari yang mirip dengan gambar di atas.

Sebagai informasi saja, NE555 Adjustable Frequency Generator Pulse Module adalah modul signal generator yang dapat menghasilkan square wave signal (sinyal gelombang kotak) yang dapat dimanfaatkan untuk aplikasi antara lain clock generator untuk stepper (robotika), rangkaian lampu kedip, dan lain sebagainya. Dimana salah satunya bisa diaplikasikan di speedometer Satria FU FI yang diaplikasikan di motor lain untuk menghilangkan kode CHEC sehingga fungsi Odometer kembali normal.

Aplikasi NE555 Adjustable Frequency Generator Pulse Module di Speedometer Satria FU FI/Injeksi?

Mudah banget sodara… Input voltase dari modul tersebut 5-12 volt, tapi direkomendasikan menggunakan 5 volt agar modul awet. Bisa menggunakan IC LM7805 atau sejenisnya (bisa tanya om Google untuk membuat input 5 volt). VCC untuk volt positif dan GND untuk negatif. Kemudian OUTPUT dari modul NE555 tersebut dihubungkan dengan kabel ke soket nomor 8 di speedometer Satria FU FI.

Jadi kalo alat/modul untuk menghilangkan kode CHEC di speedometer Satria FU FI milik sodara rusak, silahkan pakai cara ini yang sangat mudah, murah, dan sangat praktis. Selain itu juga sudah di-update juga untuk Wiring Diagram Speedometer Satria FU FI Soket Pinout bagi sodara yang ingin mengaplikasikan di motor lain. Sodara bisa download gambarnya agar lebih mudah dalam menggunakannya. Ingat ya sodara, semua resiko ditanggung penumpang…

Apabila sodara ingin melakukan modifikasi serupa, bisa hubungi atau datang langsung menemui bang Roni RMS di Ron’s Project di kota Surabaya. Satu hal yang penting ya sodara, tidak melayani konsultasi gratis di media apa pun. Pasti kena delcon. Itu sebabnya tidak membagikan nomor WA, karena di BBM lebih enak dalam melakukan delcon sekalian block-nya hahaha…

Sekian dulu untuk update kali ini tentang Cara Menghilangkan Kode CHEC di Speedometer Satria FU FI yang diaplikasikan di motor lain dengan sangat mudah, murah, dan praktis. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

by Anton Gunawan

Seorang sederhana ini sangat terinspirasi dengan desain Web/Blog yang clean, minimalis, tampak mewah, namun sangat elegan.